Daftar Obat yang Dilarang

Juli 20, 2006

Yang ini emang basbang, tapi g ada salahnya kan di posting :) apalagi disini belom ada beritanya. Ini juga karena saya nerima email dari milis tetangga minggu kemaren, kaget juga sih kok masih laku aja nih hoax? sembari mencari lagi data konfirmasi dari BPOM saya juga menemukan beberapa situs/blog yang memberitakan hoax ini.

ini lengkapnya:

DAFTAR OBAT DILARANG – SURAT KEPUTUSAN BADAN POMDIKUTIP DARI SURAT KEPUTUSAN BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN (BPOM)REPUBLIK INDONESIA

Dengan ini diberitahukan bahwa produk-produk berikut ini
” TIDAK BOLEH DIKONSUMSI ” oleh siapapun dalam wilayah hukum RepublikIndonesia:
1. OBAT PARAMEX, PRODUKSI PT. KONIMEX
2. OBAT INZA, PRODUKSI PT. KONIMEX
3. OBAT INZANA, PRODUKSI PT. KONIMEX
4. OBAT CONTREX & CONTREXYN, PRODUKSI PT.TEMPO SCAN PACIFIC
5. HEMAVITON ENERGY DRINK, PRODUKSI PT.TEMPO SCAN PACIFIC
6. HEMAVITON ACTION, PRODUKSI PT. TEMPO SCAN PACIFIC
7. BODREX & BODREXYN, PRODUKSI PT.TEMPO SCAN PACIFIC
8. NATUR E, DIEDARKAN OLEH PT. WIGO HOSLAB
9. SUPER TETRA, DIEDARKAN OLEH PT. WIGO HOSLAB
10. STOP COLD, DIEDARKAN OLEH PT. WIGO HOSLAB

Alasan:
1. Jumlah Prosentase PPA-nya lebih dari 15%
2. Telah terjadi bencana kematian sebanyak 13 orang di Cianjur, 2orang di Palangkaraya, 15 orang di Palu, dan 20 orang di Jayapurakarena meminum obat-obatan diatas.
3. Obat-obatan di atas mengandung racun yang amat berbahaya bagiproduksi reproduksi tubuh manusia dalam hal ini kualitas sperma dankualitas sel telur.
4. Obat-obatan diatas tidak bisa dikembalikan kedistributor/pabriknya bila rusak dan itu berbahaya bagi pembeli yangmengkonsumsinya.
5. Obat-obatan itu telah diproduksi secara tidak higienis dipabrik-pabriknya.
Demikian pemberitahuan kami. Sekian dan terimakasih.

Drs. H. Sampurno, M.B.A.
Kepala Badan POM

dan ini konfirmasi dari BPOM

Bantahan terhadap e-mail SK Badan POM RI tentang larangan mengkonsumsi 10 jenis obat yang TIDAK BENAR Pertanyaan
Apakah e-mail SK Badan POM RI tertanggal 15 April 2003 tentang larangan mengkonsumsi 10 jenis obat benar?
Jawaban
Sehubungan dengan adanya e-mail tentang Surat Keputusan Badan POM tertanggal 15 April 2003 yang menyebutkan 10 jenis obat tidak boleh dikonsumsi dengan berbagai alasan , maka dengan ini dinyatakan bahwa e-mail tersebut TIDAK BENAR dan bersumber dari orang yang tidak bertanggung jawab.Pusat Informasi Obat dan Makanan Badan POM RI

lihat langsung di situsnya.

hue!!.. tnyata udah 3 tahun yang lampau!!.. basi banget kan! :)


Empat Buah Info Hoax Dari Situsnya Fahmi

Juli 13, 2006

Walau sudah lama, semoga menambah database hoax dan membantu kita untuk tidak menyebarkannya.

Ini ada 4 buah info hoax dari Fajri Fahmi :

Anak Durhaka Menjadi Ikan

Anak Durhaka jadi Hewan (satu tahun yang lalu lho)

Sebuah Jawaban Atas Wasiat Bohong dari Masjid Nabawi

Sebuah Tanggapan Tentang Ditemukannya Neraka di Dalam Perut Bumi

Terima kasih Fajri Fahmi :)

NB : Kepada Fajri, mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan rujukan ke Fajri.


Penggunaan Optical Mouse Dapat Menimbulkan Kanker

Juli 13, 2006

Dari milis detikinet ada yang mengirimkan berita ini :

Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone. …

Ini sih benar2 super basbang hoax.

Lihat saja pengakuan pembuatnya.
Sebenarnya ini adalah upaya Hericz untuk membuat orang lebih mengenal dan memahami hoax itu. Tapi ternyata, malah banyak yang menyalahgunakannya dan turut menjadi korban.


Planet Mars Sebesar Bulan Purnama

Juli 13, 2006

Di milis ID-Gmail (tempat berkumpulnya para pakar, yang bisa jadi rujukan benar tidaknya suatu berita) ada yg posting ini :

Planet Mars akan menjadi bintang yang paling terang mulai Agustus. Besarnya akan terlihat sebesar bulan purnama. Puncak terangnya planet ini adalah tanggal 27 Agustus ketika Mars mendekat dengan jarak sekitar 34.65M mil dari bumi. Pastikan anda memandang ke langit pada 27 Agustus jam 12:30 pagi

Untung diklarifikasikan oleh para pakar (lihat rujukan situsnya Priyadi), ternyata

ini sudah terjadi tahun 2003

Info dari Fajri :

“…sedekat2nya mars dengan bumi, mars masih akan tetap terlihat sebagai titik terang. tidak akan terlihat sebagai lingkaran besar, apalagi sebesar bulan purnama. …”
“…soalnya dulu pas tahun 2003, yang katanya peristiwa yang hanya terjadi setiap 150an tahun, aku bingung pas malem2 nyari mars di langit. eh, kok gak ada benda segedhe bulan (ato paling tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dengan jelas) gitu. terus nanya ke orang bosscha. eh baru deh diterangin. jadi malu deh :) …”

Link terkait :
Priyadi – Mars Hoax – 23/8/-2005
Fajri – Mars dan Bosscha, sebuah memori di tahun 2003
Jay – Kebasian Informasi Oposisi Mars


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.