Yang berbahaya di lingkungan kita

dapat dari milis, hoax ini ternyata adalah kumpulan dari beberapa hoax dijadikan satu dalam satu pesan yang panjang. Setelah saya selidiki satu persatu (cukup lumayan lama nyarinya, hampir 1,5 jam, untung koneksi internet lagi gak rewel) hanya 2 poin saja yang teridentifikasi sebagai berita/informasi yang benar dan valid, selebihnya adalah bohong belaka dan.. basbang.

1. BEKAS BOTOL AQUA

Mungkin sebagian dari Kita mempunyai kebiasaan memakai Dan memakai ulang Botol plastik (Aqua, VIT, etc) Dan menaruhnya di Mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (disebut juga sebagai Polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung Zat2 karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, Dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak Dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang Kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botolPlastik.

sanggahan:
http://www.snopes.com/medical/toxins/petbottles.asp
http://www.consumerfraudreporting.org/emailhoaxeswaterbottle.php
http://www.hoax-slayer.com/plastic-bottles-cancer.html
FAQs: The Safety of Plastic Beverage Bottles
beredar mulai: thn 2003

2. PENGGEMAR SATEKalau Anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika Kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang Dapat menyebabkan kanker. Untuk itu Kita punya obatnya yaitu timun yang Disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.

konfirmasi: BENAR
Advis Medis: TIMUN Teman SATEwww.depkes.go.id

3. UDANG DAN VITAMIN CJangan makan udang setelah Anda makan Vitamin C. Karena ini akan menyebabkan Keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang Dan Vitamin C di dalam tubuh Dan berakibat keracunan yang
fatal dalam Hitungan jam.

sanggahan: http://www.snopes.com/medical/toxins/shrimp.asp
beredar mulai: Mei 2001

4. MI INSTANUntuk para penggemar MI instan, pastikan Anda punya selang waktu paling Tidak 3 (tiga) Hari setelah Anda mengkonsumsi MI instan, jika Anda akan Mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin Yang melapisi MI instan. Itu sebabnya mengapa MI instan tidak lengket satu Sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap Hari akan Meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker. Seseorang, karena Begitu sibuknya dalam berkarir tidak punya waktu lagi untuk memasak, Sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi mie instan setiap Hari.  Akhirnya Dia menderita kanker. Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan  karena Adanya lilin dalam MI instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa Tubuh Kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) Hari untuk membersihkan lilin Tersebut.

sanggahan: http://www.snopes.com/food/warnings/noodles.asp
beredar mulai: Oktober 2000

5. BAHAYA DIBALIK KEMASAN MAKANANKemasan makanan merupakan bagian dari makanan yang sehari-Hari Kita Konsumsi. Bagi sebagian besar orang, kemasan makanan hanya sekadar bungkus Makanan Dan cenderung dianggap sebagai “pelindung” makanan. Sebetulnya tidak Tepat begitu, tergantung jenis bahan kemasan.Sebaiknya mulai sekarang Anda Cermat memilik kemasan makanan. Kemasan pada makanan mempunyai fungsi Kesehatan, pengawetan, kemudahan, penyeragaman, promosi, Dan informasi. Ada Begitu banyak bahan yang digunakan sebagai pengemas primer pada makanan, aitu kemasan yang bersentuhan langsung dengan makanan.Tetapi tidak semua Bahan ini aman bagi makanan yang dikemasnya. Inilah ranking teratas bahan Kemasan makanan yang perlu Anda waspadai.

A. Kertas.

Beberapa kertas kemasan Dan non-kemasan (kertas Koran Dan majalah) yang Sering digunakan untuk membungkus makanan, terdeteksi mengandung timbal (Pb) Melebihi Batas yang ditentukan. Di dalam tubuh manusia, timbal  masuk melalui Saluran pernapasan atau pencernaan menuju sistem peredaran darah Dan Kemudian menyebar ke berbagai jaringan lain, seperti: ginjal, hati, otak, Saraf Dan tulang. Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai  dengan gejala 3 P, yaitu pallor (pucat), pain (sakit) & paralysis (kelumpuhan) . Keracunan yang terjadipun bisa bersifat kronis Dan akut. Untuk terhindar dari makanan Yang terkontaminasi logam berat timbal, memang susah-susah gampang. Banyak Makanan jajanan seperti pisang goreng, tahu goreng Dan Tempe goreng yang Dibungkus dengan Koran karena pengetahuan yang  kurang dari is penjual, Padahal bahan yang panas Dan berlemak mempermudah berpindahnya timbale keMakanan tsb. Sebagai usaha pencegahan, taruhlah makanan jajanan tersebut di Atas piring.

Konfirmasi: kemungkinan BENAR
Studi Kasus Jalur Penyebaran Racun Timbalwww.astdr.cdc.gov

B.Styrofoam

Bahan pengemas Styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan Yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan Bahwa Styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer Styren ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran Dan Tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut Juga mampu mempertahankan panas Dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, Mempertahankan kesegaran Dan keutuhan bahan yang  dikemas, biaya murah, lebih Aman, serta ringan. Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang Mengungkapkan bahwa residu Styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu Itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang Terjadi akibat adanya gangguan pada system endokrinologi Dan reproduksi Manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

sanggahan: http://www.plasticsmythbuster.org/polystyrene.asp

Artikel terkait mengenai pembungkus makanan berbahan plastik termasuk styrofoam:
Plastics and the Microwavewww.fda.gov (Badan Makanan dan Minuman Amerika Serikat)
Plastics: Revoltionizing American Melatime
Plactics & Safety: What You Need to Know
Packaging MaterialInternational Life Sciences Institue

25 Balasan ke Yang berbahaya di lingkungan kita

  1. goeve mengatakan:

    artikelnya bagus, makasih yak :)

  2. balak6 mengatakan:

    Tolong donk… klarifikasi yang ini…

    ARSENIC TRIOXIDE

    Dear All,

    Cerita di bawah ini mohon kasih tahu kpd semua teman /orang yg anda sayangi,

    Peristiwa ini terjadi di Taiwan, ada seorang wanita meninggal mendadak dgn lima panca indera keluar darah,setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh melainkan karena ketidaktahuan akan terjadi keracunan makanan.

    Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari, ini tdk masalah, masalahnya karena malam itu wanita kebanyakan makan udang, sebenarnya cuma makan udang saja tdk masalah, orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yg meninggal.

    Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), berhuhung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dlm perut membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yg sangat beracun, mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dgn kelima panca indera keluar darah.

    Jadi hati2, habis banyak makan udang, jangan minum Vit C pd saat bersamaan….

  3. sandynata mengatakan:

    #balak6
    Loh? bukannya ini juga sudah ada/dibahas di artikel diatas..
    memang pesan yang anda berikan lebih banyak tulisan/kata-katanya tapi tetap saja garis besarnya sama.

    tolong dibaca sekali lagi, ada di poin nomor 3

  4. Crazy Guy mengatakan:

    Good Job …
    Sayang masih sedikit koleksinya =P
    refer ke snopes.com ajah …

  5. sandynata mengatakan:

    #Crazy Guy
    memang masih sedikit, biasanya saya juga referensi nya ke snopes.com, lihat tuh posting saya di atas :D

  6. balak6 mengatakan:

    #sandynata

    Iya benar… sdh ada di point ke 3,…
    habis gue pusing stlah dpt email Hoax,… jadi aku langsung nanya pada ahlinya…

    Maju terus sandynata… infokan yang paling mutakhir… kita tetap monitor terus….
    ini bermanfaat dan fenomenal..

    by the way ini sama dengan … http://sandynata.wordpress.com/2007/01/05/hoax-yang-berbahaya-di-lingkungan-kita/

  7. sandynata mengatakan:

    #balak6
    thx! oia yang http://sandynata.wordpress.com/ itu memang blog saya :D dan disini http://hoax.wordpress.com/ saya sebagai salah satu kontributor

  8. halo mengatakan:

    dapet ini dari temen, sepertinya hoax, tapi kurang yakin :

    APAKAH ANDA PENGGEMAR KANGKUNG ?

    hati2x….dengan kangkung yang dimasak orang lain…sereeeemmm

    >
    >
    > Jika Anda penggemar kangkung, baik itu ca kangkung, petis
    > kangkung, kangkung cos, dll yang berkaitan dengan kangkung,
    > mungkin cerita ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda pada saat
    > akan mengkonsumsi kangkung.
    >
    > Saya mendapat cerita ini dari seorang teman, tapi Saya lupa tempat
    > persisnya di negara mana, yang jelas antara Singapura / Malaysia.
    >
    > Pada suatu hari di rumah sakit terkenal, semua dokter kebingungan
    > hanya karena ada seorang anak kecil yang tampan menderita sakit
    > perut. Anak itu dibawa ke rumah sakit oleh orang tuanya setelah 2
    > hari menderita diare. Sudah bermacam obat sakit perut yang
    > diberikan kepada anak itu, namun diarenya tidak kunjung sembuh.
    >
    > Di rumah sakit orang tua anak tersebut ditanya oleh dokter,
    > makanan apa saja yang sudah dimakan oleh anak tersebut selama 2
    > hari ini. Orang tua anak itu kebingungan, karena sejak anaknya
    > diare otomatis anak tersebut tidak mau makan, dia hanya minum
    > susu, itu pun langsung dikeluarkan lagi. Setelah usut punya usut,
    > ternyata sebelum menderita diare, malamnya anak tersebut baru saja
    > diajak makan kangkung cos di restoran oleh orang tuanya.
    >
    > Dokter segera melakukan rontgen, ternyata diusus anak tersebut
    > telah berkembang biak lintah dengan anaknya yang kecil-kecil.
    > Dokter angkat tangan dan menyatakan tidak sanggup mengambil
    > tindakan medis apapun. Akhirnya anak kecil tampan yang malang
    > itupun meninggal dunia.
    >
    > Usut punya usut, ternyata lintah itu sebelumnya bersemayam di
    > dalam batang kangkung yang besar. Memang, untuk penggemar kangkung
    > cos yang paling enak adalah batangnya, apa lagi jika dimasak oleh
    > seorang ahli, maka kangkung cos rasanya akan menjadi renyah.
    > Lintah yang berada di dalam batang kangkung itu tidak akan mati
    > walau dimasak selama apapun, apa lagi untuk kangkung cos
    > prosesmemasak tidak terlalu lama untuk menghasilkan rasa kangkung
    > yang enak. lintah hanya akan mati jika dibakar.
    >
    > Di dalam usus anak tadi, lintah yang tadinya hanya 1 dalam 2 hari
    > berkembang biak dengan cepatnya karena terus menerus menghisap
    > darah yang ada, otomatis dokter juga kebingungan, bagaimana
    > mematikan/membersih kan lintah yang telaha sangat banyak tersebut
    > dari dalam usus anak malang itu.
    >
    > Jujur, sejak mendengar cerita itu, kesukaan saya akan kangkung
    > menjadi berkurang, boleh dibilang sudah 1 bulan ini saya sama
    > sekali tidak mengkonsumsi kangkung dalam bentuk apa pun, bukan
    > karena menjadi paranoid, tapi bagi Saya lebih banik menjaga segala
    > kemungkinan yang ada, toh tidak hanya kangkung yang dapat kita
    > konsumsi, masih banyak sayur lain yang dapat kita makan dengan
    > meminimalisir segala kemungkinan “lintah” yang terselip di dalamnya.
    >
    > Semoga cerita ini dapat menjadi pertimbangan untuk kita semua pada
    > saat ingin mengkonsumsi kangkung.
    >

    • fendy mengatakan:

      ya mungkin aja terjadi hal sperti itu,.memang bnyak kandungan gizi dalam kangkung yang bermanfaat bagi tubuh manusia.
      kalau kronologi seperti mimin jelasin di atas itu disebabkan bukan karena kandungan kangkung melainkan faktor eksternal (sortasi kangkung harus jeli). jadi yang gemar kangkung tidak apa2 terus konsumsi, lanjutkan saja.

  9. sandynata mengatakan:

    sejauh yang saya dapati (searching di internet), justru malah informasi akan besarnya manfaat kangkung itu sendiri.

    Kangkung si pengusir racun – kompas
    Teknologi Budaya Tanaman Pangan Kangkung – iptek.net.id
    Kangkung – wikipedia

    dll..

    ketika saya coba dengan keyword “kangkung cos” saya cuma dapat 1 link blog. Btw, saya baru tau ada yang namanya kangkung cos. kangkung apaan sih? :D

    tapi saya yakin ini hoax.. ntar saya coba search lagi deh, kalo ketemu data yang valid akan saya posting disini

    Thx!

  10. adhi mengatakan:

    waduh…. tiap hari menu makan malem favorit gue mie goreng…ternyata bahaya toh..

  11. sandynata mengatakan:

    #adhi
    ttg masalah mie, tolong baca lebih teliti dan seksama, dibawahnya saya beri tulisan “SANGGAHAN” di ikuti link yang bisa dikunjungi untuk informasi lebih lanjut

  12. day mengatakan:

    tolong kasih tahu donj informasi seperto udang dan vit.c biar tahu bgimana cara mati yang baik dan bvenar he…he…

  13. sandynata mengatakan:

    #day
    maksudnya??

  14. farid mengatakan:

    Cerita tentang kangkung di atas benar2 aneh. Kalau memang kangkung tempat bersemayam bagi lintah2 itu, tentunya sudah banyak orang yang tewas karena makan kangkung..tapi baru ini terdengar berita ini. Kedua, saya kira tidak sulit kalaupun ada lintah2 itu didalam usus. tinggal injeksikan saja ekstrak dari tembakau. Orang2 di desa juga tau kalo lintah akan pergi/lepas jika menggunakan daun tembakau. Jadi lakukan ekstrak zat dari tembakau…injeksikan dengan kadar terbatas ke usus. Saya kira itu ekstrak itu semacam alkaloid atau yang semisalnya. Kedua kebiasaan lintah itu setelah menghisap cukup banyak darah maka dia akan puasa selama beberapa waktu. Jadi tidak mungkin dia menghisap darah terus menerus. Dan selama itu pasti lintah itu tidak akan menempel didinding usus. dan ada kemungkinan akan terbawa keluar.

  15. namaku_only mengatakan:

    makasih untuk informasinya ya…
    akan saya sebarluaskan ke temen2 saya…
    heheheh tambahin info-nya yah….

  16. Didie mengatakan:

    g dpt dr temen g, entah bener pa gak..
    tapi mnurut g, perlu dipertimbangin..

    Artikel ini saya terima dari seorang teman di Belanda, yang
    mendapatkannya dari seorang temannya yang masih kuliah dan bekerja di
    salah satu rumah sakit di Rotterdam/Belanda. Artikel ini saya
    terjemahkan dari bhs Belanda kedalam bhs. Indonesia, krn saya
    berpendapat, bahwa banyak orang di Indonesia perlu membaca ini.

    ALUMINIUM CHLORHYDRAAT DALAM DEODORANTS

    Aluminium Chlorhydraat, untuk selanjutnya saya singkat menjadi AC.

    AC terdapat dalam Nivea Deodorant sensitive without alcohol dan juga
    dalam Dove Deodorant Silk Dry (tutup emas), tidak didalam Dove fresh
    touch.

    Baru2 ini saya menghadiri sebuah seminar tentang kanker payudara.
    Waktu session tanya-jawab, saya mengajukan pertanyaan ttg. mengapa
    bagian ketiak adalah tempat dimana paling sering perkembangan kanker
    payudara terjadi.

    Waktu itu pertanyaan saya tidak bisa dijawab. Selang beberapa waktu,
    saya menerima pos, dimana ada keterangan/jawaban atas pertanyaan saya
    tsb. diatas. Keterangan atau jawaban tsb. ingin saya informasikan
    kepada anda semua.

    Penyebab utama untuk kanker payudara adalah karena pemakaian produk2
    ANTI-TRANSPIRANTEN (= anti keringat).
    Kebanyakan produk yang ada dipasaran merupakan kombinasi dari
    anti-keringat dan deodorant.

    Produk Deodorant sendiri tidak berbahaya.

    Mohon periksa bahan2 apa saja yang tertera dikemasan produk2
    deodorant anti-keringat anda dirumah! Bila mereka mengandung AC,
    SEGERA BUANGLAH, a.l. Rexona dan Dove Deodorant.
    Coba menggunakan merk2 lain yang tidak mengandung bahan AC ini.

    Alasannya adalah sederhana:
    Hanya beberapa bagian dari tubuh kita yang dapat mengeleminasi zat2
    racun, yaitu bag. belakang lutut, belakang kuping, diantara kaki dan
    ketiak. Zat2 racun ini dikeluarkan dalam bentuk keringat.

    Produk2 anti-keringat mencegah keringat keluar. Dengan menggunakan
    deodorant anti-keringat, zat2 racun tadi tidak bisa dikeluarkan dari
    dalam tubuh, melainkan tertumpuk di kelenjar getah bening dibawah lengan.
    Asal kanker payudara kebanyakan ditemukan di area bagian atas payudara.

    Laki2 tidak sepeka wanita terhadap type penyakit ini. Meskipun laki2
    menggunakan produk2 anti-keringat, bahan2 produk ini biasanya tinggal
    melekat dipermukaan ketiak dan tidak langsung masuk kedalam kulit.

    Kaum wanita yang setelah mencukur rambut ketiak langsung menggunakan
    produk anti-keringat lebih banyak risikonya, karena lewat luka2 kecil
    yg mungkin terjadi akibat mencukur rambut ketiak tsb., bahan2 kimia
    yang ada dalam produk anti-keringat bisa lebih cepat masuk kedalam tubuh.

    Tolong informasikan hal ini kepada semua laki2 dan perempuan yang
    anda kenal. Kanker payudara kian hari mencapai jumlah yang
    mengkhawatirkan. Kalau lewat email kita bisa menghindari sejumlah
    kejadian, maka kegiatan ini tidak pernah merupakan buang waktu!

    Diterjemahkan oleh : Anggraini Wahjudi, Sidoarjo, 18 Maret 2008

  17. Didie mengatakan:

    seorang anak telah dikabarkan meninggal setelah mengkonsumsi Mentos kemudian mengkonsumsi Pepsi (kabar dari temen g)

    hati2 makan Mentos (mungkin semua permen mint) + Minuman bersoda.
    Bisa terjadi reaksi yang menakjupkan.
    lihat aj di

  18. sandynata mengatakan:

    @didie
    silahkan search di blog ini, hal tentang cola dan mentos sudah pernah dibahas di sini

    btw, beberapa hari yang lalu saya sendiri mencoba meminum cola sambil ngemut permen mentos, sumpah! gak ada kejadian apa apa…

  19. [...] tersenyum, padahal berita ini sudah berbulan-bulan lalu dikonfiormasi ke-hoax-annya oleh banyak blogger dan pengguna forum. Saya sendiri pernah menulis di blog [...]

  20. ramdani1428 mengatakan:

    anu masalah botol aqua (atau sebut aja botol air minum dalam kemasan), gak semuanya salah kok, emang mencuci ulang sih gak ngaruh, tapi kalo kita pake air panas, emang bisa ngerusak ikatan polimer dari PET. gw kuliah di kimia jadi tau

    Kalo mie instan lilin di mienya gw gak terlalu tau tapi memang mesti dibatasi, soalnya ada MSG di bumbu dan bahan pengawet nya. itu yang bikin kita mesti batasi makan mie, gak mesti 3 hari juga, asal jangan tiap kesempatan waktu makan, makanannya mie

  21. atmo mengatakan:

    Blog nya ok juga. Mengumpulkan informasi yang simpang siur di zaman simpang siurnya informasi ini jadi penting. Setidaknya buat verifikasi mana yang hoax dan mana yang mengandung kebenaran dan berguna buat kita semua. Tq lo.

  22. Lita mengatakan:

    aku pernah liat di sctv klo ga salah plastik PET tuh kodenya 2. itu nggak aman untuk suhu yang cukup panas karena pemanasan bisa melepaskan zat karsinogenik. suhu yang cukup panas kan bisa aja kena paparan sinar matahari yang cukup lama. makanya di gelas akua/ botolnya ada kata2 “jangan ditaruh dibawah sinar matahari langsung”
    jadi ada benernya e-mail itu
    sekadar info
    yang paling aman plastik kode no 5 ato PP cz relatif lebih tahan panas dan kuat

  23. cika akantara mengatakan:

    nice info . .
    hemmm . .
    Lanjutkan gan . . . tuk hoax” selanjutnya . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: