Kecelakaan Akibat Medan Magnet di Perlintasan KA

Sebenarnya berita ini sudah lama, pemicunya adalah kecelakaan pada perlintasan kereta api tahun 2004 yang lalu. Tetapi akhir-akhir ini, berita ini kembali menjadi bahan yang sering diteruskan melalui email berantai. Menurut berita ini, kecelakaan di persimpangan rel kereta api terjadi karena medan magnet yang merambat dari posisi kereta api melalui rel.

Pernah mendapatkan email tentang mobil yang susah hidup di perlintasan KA ?
Baca lebih lanjut komentar Priyadi dan yang lainnya tentang hal ini.

Ada dari pihak KA yang mau respon ?

9 Balasan ke Kecelakaan Akibat Medan Magnet di Perlintasan KA

  1. Anang mengatakan:

    wah ini analisis beneran apa cuma hoax sih mana yang bener ya?? *nunggu jawaban yang dibawah*

  2. Dhemi P mengatakan:

    JIKA MESIN KENDARAAN TIBA-TIBA MATI DITENGAH REL KERETA

    Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi? Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya. “Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya,” kata Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS).

    Mungkin bisa di lacak balik nama tersebut diatas dan diminta konfirmasi ? Saya baru dapet nih emailnya.

  3. giffari mengatakan:

    oh yang itu ya….

    om saya naik bis, bisnya mati di tengah rel kereta deket depok.
    pas udah DEKET BANGET, akhirnya dinyalain lagi.

    orang2 pada teriak2, marahin supirnya heheheh😀

  4. TFK mengatakan:

    Yup, aku pernah liat pak Djoko sungkono tsb masuk TV dg komentar tsb. bener gaknya aku kurang yakin, sbb medan magnet kalo sering diterpakan ke logam, apalagi dg cara digesekkan, maka harusnya dia akan menjadi magnet permanent, maka harusnya rel kereta api yg sering dilewati kereta juga punya medan maghnet meskipun kecil, shg kita bisa test medan maghnetnya dg mendekatkan paku ke rel (meskipun gak ada kereta yg mau lewat), atau seharusnya akan banyak serpihan debu yg mengandung pasir halus yg menempel di rel tsb. mari kita buktikan….🙂

  5. iristiantara mengatakan:

    Saya pernah baca tentang semacam publikasi ilmiah mengenai medan magnet yang dihasilkan oleh kereta api yang dapat menyebabkan mobil mogok di tengah rel kereta api, kalau tidak salah di majalah intisari edisi 70 akhir / awal 80 (koleksi ayah, saya baca waktu saya masih SD), tapi seingat saya itu terjadi di kereta api subway di luar negeri yg memanfaatkan relnya sebagai penghantar listrik.
    Mohon maaf apabila keliru. Salam..

  6. anonim mengatakan:

    gw benci kereta!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! gra gara kreta orang yang gue sayang meninggal!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!gue kutuk kereta kalo masih membunuh orang-orang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. knight mengatakan:

    aku pernah baca ini di intisari september 2007, yang mengulas prof yohanes (yg pelatih tim olimpiade fisika). Kata beliau di artikel itu memang ada pengaruhnya kok, dijelaskan secara fisika.

  8. cika akantara mengatakan:

    Yang penting bismillah aja deh kalo dijalanan .. mau hoax ato bukan .. Allah yg nntuin kita meninggal dengan apa , kapan dan bagaimana . .

  9. Zein mengatakan:

    Hoax yang terus berkembang dan menjadi seperti suatu kebenaran…saya pernah lihat motor matic lewat rel kereta dengan jarak kereta yg mw lewat itu selang waktu beberapa detik saja…

Tinggalkan Balasan

