#90 Penipuan Telepon

Dapat informasi dari pembaca, Sdr. Koko yang mempertanyakan kebenaran pesan dibawah ini:

Jika anda menerima panggilan telepon dari seseorang dengan no.telp yang tidak dikenal atau terdaftar, berkata bahwa dia (pria / wanita) berasal dari divisi engineering/ teknisi perusahaan salah satu vendor /operator cellphone yang ingin memeriksa sambungan telepon atau sinyal atau dengan alasan apapun, dan selanjutnya dia berkata bahwa kita harus menekan tombol # 90 atau #09 atau nomor apapun (bisa juga dengan kode huruf), secepatnya matikan / putuskan sambungan telepon tersebut tanpa menekan tombol yang mereka minta. karena saat ini ada penipu-penipu yang menggunakan peralatan dimana jika anda menekan tombol #90 atau #09 maka penipu-penipu tersebut dapat mengakses SIM card telepon kita dan mereka dapat menggunakan line anda dengan dan atas biaya anda. Mohon forward email ini..beneran kok..

ok, seperti biasa secara cepat kita bisa melihat indikasi bahwa informasi ini mirip/sepertinya hoax adalah terdapat kalimat sakti “Mohon forward email ini” D

nah, untuk lebih “ilmiah” nya lagi silahkan baca referensi yang mengklarifikasi bahwa pesan ini adalah hoax atau lebih tepatnya adalah sebuah scam

urbanlegend – The #90 Telephone Scam
snopes – #-9-0 Phone Scam
hoax-slayer – Nine Zero Hash Phone Scam Hoax
trendmicro – #90/09 Cell Phone Warning Hoax
At&T – Find out about the 9-0-# phone scam
ct.gov – Don’t fall for the 90# telephone scam

Dari referensi di atas kita dapati bahwa pesan tersebut memang tidak 100% hoax, sebagian memang ada benarnya namun yang menjadikan pesan ini hoax adalah isinya yang terlalu melebih-lebihkan. Jika sebuah operator telepon ingin melakukan perbaikan mereka TIDAK AKAN PERNAH meminta kita (pelanggan) untuk membantu melakukan perbaikan/pengecekan dengan menekan (dial) nomor tertentu. Mereka akan melakukannya secara remote. Lagipula hal ini hanya akan terjadi jika telepon yang kita pakai menggunakan sistem PBX (seperti yang ada di pekantoran) dimana pada sistem ini biasanya penekanan nomor ‘9′ adalah merupakan sinyal untuk melakukan koneksi/sambungan telepon ke luar (outside line).

31 Balasan ke #90 Penipuan Telepon

  1. alex mengatakan:

    Peringatan untuk social-engineering ya?
    Benar, melebih-lebihkannya itu yang membuat pesan demikian menjadi hoax dgn sendirinya😐

  2. sui mengatakan:

    yg punya situs ini juga dah lupa kalo dia dah pernah menulis tentang hoax ini …liat aja arsip juni 2006😀 cuma disana ga ada referensi klarifikasinya😉

  3. sandynata mengatakan:

    #sui
    loh iya ta? hehehehe…. gak pa pa lah.. biar blog ini kesannya ke update terus.. kekekekkeke….

  4. takaswy mengatakan:

    wah, bisa aja handphone diaktifkan DTMF-nya, jadi bisa didteksi button yg dikirim handset ke network.

  5. aLe mengatakan:

    hohoho.,
    empunya situs ini dulu kepincut hoax juga😆 *lirik komen sui*

  6. stealth mengatakan:

    logika gw, klo ada perbaikan trus gw yg di”suruh” pencat-pencet HP gw.. ???? g nyangkut kek nya..

    lgian sape lu suruh2x gw pencet2x HP gw, HP gw ya suka2x gw… U (someone on the phone yg suruh2) go 2 hell… tut..tut..tut..tut…

    hahahaha…

  7. qizinklaziva mengatakan:

    Bos dah dapet nggak selebaran tentang bahaya minuman yang dikeluarkan sebuah angkatan bersenjata. Ada 42 jenis minuman yang diduga berbahaya buat ana2. Selebaran itu HOAX bukan ya?

  8. sandynata mengatakan:

    #qizinklaziva
    selebarannya memang ada dan dikeluarkan oleh oknum TNI, oknum tersebut sudah diminta pertanggungjawabannya karena menyebarkan informasi yang salah dan pada dasarnya TNI tidak memiliki hak untuk mengeluarkan selebaran tersebut, beritanya sudah ada di detik.com

    yang jelas informasi ttg 42 jenis minuman itu salah

  9. saya mengatakan:

    mau tanya soal kebenaran berita ini donk..
    Kurma, dalam kondisi asli, justru tidak terlalu manis. Kurma segar merupakan buah yang bernutrisi sangat tinggi tapi berkalori rendah, sehingga tidak menggemukkan (data di sini dan di sini). Tapi kurma yang didatangkan ke Indonesia dalam kemasan-kemasan di bulan Ramadhan sudah berupa ‘manisan kurma’, bukan lagi kurma segar. Manisan kurma ini justru ditambah kandungan gula yang berlipat-lipat kadarnya agar awet dalam perjalanan ekspornya. Sangat jarang kita menemukan kurma impor yang masih asli dan belum berupa manisan. Kalaupun ada, sangat mungkin harganya menjadi sangat mahal.

    Kenapa berbuka puasa dengan yang manis justru merusak kesehatan?

    Ketika berpuasa, kadar gula darah kita menurun. Kurma, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah, adalah karbohidrat kompleks, bukan gula (karbohidrat sederhana). Karbohidrat kompleks, untuk menjadi glikogen, perlu diproses sehingga makan waktu. Sebaliknya, kalau makan yang manis-manis, kadar gula darah akan melonjak naik, langsung. Bum. Sangat tidak sehat. Kalau karbohidrat kompleks seperti kurma asli, naiknya pelan-pelan.

    Mari kita bicara ‘indeks glikemik’ (glycemic index/GI) saja. Glycemic Index (GI) adalah laju perubahan makanan diubah menjadi gula dalam tubuh. Makin tinggi glikemik indeks dalam makanan, makin cepat makanan itu dirubah menjadi gula, dengan demikian tubuh makin cepat pula menghasilkan respons insulin.

    Para praktisi fitness atau pengambil gaya hidup sehat, akan sangat
    menghindari makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi. Sebisa mungkin mereka akan makan makanan yang indeks likemiknya rendah. Kenapa? Karena makin tinggi respons insulin tubuh, maka tubuh makin menimbun lemak. Penimbunan lemak tubuh adalah yang paling dihindari mereka.

    Nah, kalau habis perut kosong seharian, lalu langsung dibanjiri dengan gula (makanan yang sangat-sangat tinggi indeks glikemiknya) , sehingga respon insulin dalam tubuh langsung melonjak. Dengan demikian, tubuh akan sangat cepat merespon untuk menimbun lemak.

    Saya pernah bertanya tentang hal ini kepada seorang sufi yang diberi Allah ‘ilm tentang urusan kesehatan jasad manusia. Kata Beliau, bila berbuka puasa, jangan makan apa-apa dulu. Minum air putih segelas, lalu sholat maghrib. Setelah shalat, makan nasi seperti biasa. Jangan pernah makan yang manis-manis, karena merusak badan dan bikin penyakit. Itu jawaban beliau.
    Kenapa bukan kurma? Sebab kemungkinan besar, kurma yang ada di Indonesia adalah ‘manisan kurma’, bukan kurma asli. Manisan kurma kandungan gulanya sudah jauh berlipat-lipat banyaknya.

    Kenapa nasi? Lha, nasi adalah karbohidrat kompleks. Perlu waktu untuk diproses dalam tubuh, sehingga respon insulin dalam tubuh juga tidak melonjak. Karena respon insulin tidak tinggi, maka kecenderungan tubuh untuk menabung lemak juga rendah.

    Inilah sebabnya, banyak sekali orang di bulan puasa yang justru lemaknya bertambah di daerah-daerah penimbunan lemak: perut, pinggang, bokong, paha, belakang lengan, pipi, dan sebagainya. Itu karena langsung membanjiri tubuh dengan insulin, melalui makan yang manis-manis, sehingga tubuh menimbun lemak, padahal otot sedang mengecil karena puasa.

    Pantas saja kalau badan kita di bulan Ramadhan malah makin terlihat seperti ‘buah pir’, penuh lemak di daerah pinggang. Karena waham umum masyarakat yang mengira bahwa berbuka dengan yang manis-manis adalah ‘sunnah’, maka puasa bukannya malah menyehatkan kita. Banyak orang di bulan puasa justru menjadi lemas, mengantuk, atau justru tambah gemuk karena kebanyakan gula. Karena salah memahami hadits di atas, maka efeknya ‘rajin puasa = rajin berbuka dengan gula.’

    Ingin ‘Kurus’

    Melenceng dikit dari topik blog ya. Dikit aja. Itung-itung bonus.

    Untuk sahabat-sahabat yang ingin kurus: jangan diet (dalam pengertian
    mengurangi frekuensi makan). Diet justru menambah kecenderungan tubuh untuk menabung lemak karena ‘dilaparkan’ . Ketika diet memang makanan tidak masuk, tapi begitu makanan masuk, kecenderungan tubuh untuk menimbun lemak dari makanan justru lebih besar.

    Rahasia kurus sebenarnya adalah menjaga agar respon insulin dalam tubuh stabil, tidak melonjak-lonjak. Caranya, hanya makan makanan yang memberi respon insulin rendah, yaitu yang indeks glikemiknya rendah.

    Respon insulin tubuh meningkat bila:

    (1) Makin tinggi jumlah karbohidrat yang dimakan dalam satu porsi, makin tinggi pula respon insulin tubuh (ini umumnya porsi kita di Indonesia : lebih dari 70 persen dari satu porsi makannya adalah nasi).

    Makanya, makanlah dengan karbohidrat cukup lima puluh persennya saja. Sisanya protein, dan 5-10 persennya lemak. Lemak ini cukup dari lemak yang terkandung dalam daging yang kita makan, misalnya. Atau kuning telur. Tidak perlu menambah minyak atau memakan lemak hewan (yang justru buruk pengaruhnya bagi tubuh). Lemak (sedikit!) masih diperlukan untuk mengolah beberapa nutrisi dan vitamin, dan untuk membawa nutrisi ke seluruh tubuh.

    (2) Semakin tinggi GI (Glycemic Index) karbohidrat yang dikonsumsi, semakin meningkat pula respon insulin tubuh. Makanya, makan hanya makanan yang GI-nya rendah. Nanti saya jelaskan di bawah.

    (3) Semakin jarang makan, semakin meningkat respon insulin setiap kali makan.

    Ini sebabnya diet (dalam pengertian: mengurangi frekuensi makan supaya kurus) tidak akan pernah berhasil untuk jangka lama. Setelah diet selesai, tubuh justru akan cenderung lebih gemuk dari sebelum diet. Supaya kurus (baca: supaya respon insulin tidak melonjak) justru harus makan lebih sering (4-5 kali sehari) tapi dengan porsi setengah atau sepertiga porsi biasa, dengan karbohidrat maksimal 50 persen saja setiap porsi.

    Kalau respon insulin tubuh sudah stabil, maka tinggal diatur: kalau ingin kurus, kalori yang masuk harus lebih sedikit dari kalori makanan yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari hari. Tambah dengan olahraga teratur untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh, dan memperbesar otot. Otot membutuhkan energi, maka makin terlatih otot, ia akan makin mengkonsumsi lemak dalam tubuh kita untuk energi.

    Sebaliknya kalau ingin memperbesar otot (bukan gemuk) atau mengencangkan badan, maka kalori yang masuk harus agak lebih banyak dari jumlah kalori yang akan kita pakai untuk aktivitas selama sehari, agar otot mengalami pertumbuhan. Otot sendiri dirangsang pertumbuhannya dan ‘kekencangannya’ dengan olahraga teratur. Perbanyak protein agar pertumbuhan otot optimal.
    Karbohidrat cukup diposisikan sebagai bahan pemberi energi, bukan untuk mengenyangkan perut.

    Lucu ya: kalau ingin kurus atau memperbaiki bentuk badan, termasuk
    menumbuhkan otot, justru harus makan lebih sering dengan porsi kecil. Makan yang mengandung lemak, goreng-gorengan, kanji, atau karbohidrat sederhana seperti gula, manisan, minuman ringan bersoda dan sebangsanya itu sudah out of the question. Kalau kita jarang makan, atau makan tidak teratur dan sekalinya makan ‘balas dendam habis-habisan’ , ya justru respon insulin kita juga melonjak dan membuat tubuh jadi menimbun lemak.

    Sekali lagi, baik ketika berbuka puasa atau dalam makanan keseharian,
    makanlah makanan yang seimbang: 50 persen karbohidrat kompleks, 40-45 persen protein dan 5-10 persen lemak dalam setiap porsinya. Jauhilah karbohidrat sederhana sebisa mungkin. Kalaupun harus makan karbohidrat sederhana karena butuh energi cepat carilah yang nilai indeks glikemiknya rendah.

    Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk diubah tubuh menjadi energi. Dengan demikian, makanan diproses pelan-pelan dan tenaga diperoleh sedikit demi sedikit. Dengan demikian, kita tidak cepat lapar dan energi tersedia dalam waktu lama, cukup untuk aktivitas sehari penuh. Sebaliknya, karbohidrat sederhana menyediakan energi sangat cepat, tapi akan cepat sekali habis sehingga kita mudah lemas. Maka, ketika makan sahur, jangan makan yang banyak mengandung gula, karena kita akan cepat lemas. Makanlah karbohidrat kompleks (protein jangan dilupakan!) sehingga kita tetap berenergi sampai waktu berbuka.

    Karbohidrat sederhana, GI tinggi (energi sangat cepat habis, respon insulin tinggi: merangsang penimbunan lemak) adalah: sukrosa (gula-gulaan) , makanan manis-manis, manisan, minuman ringan, jagung manis, sirop, atau apapun makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Hindari, puasa atau tidak puasa.

    Karbohidrat sederhana, GI rendah (energi cepat, respon insulin rendah):
    buah-buahan yang tidak terlalu manis seperti pisang, apel, pir, dan
    sebagainya. Sekarang ngerti kan , kenapa para pemain tenis dunia, pemain bola, pemain basket atau pelari sering terlihat ‘ngemil pisang’ di pinggir lapangan? Karena mereka butuh energi cepat, tapi nggak ingin badannya gembul berlemak.

    Karbohidrat Kompleks, GI tinggi (energi pelan-pelan, tapi respon insulinnya tinggi): Nasi putih, kentang, jagung.

    Karbohidrat Kompleks, GI rendah (energi dilepas pelan-pelan sehingga tahan lama, respon insulin juga rendah): Gandum, beras merah, umbi-umbian, sayuran. Ini yang paling dicari para praktisi fitness.
    Makanan yang diproses pelan-pelan (karbohidrat kompleks) akan membuat kita tidak cepat lapar dan energi dihabiskan cukup untuk aktivitas satu hari penuh; respon insulin rendah membuat tubuh kita tidak cenderung untuk menabung lemak.

    Kalau saya pribadi, sahur cukup dengan oatmeal gandum (ditambah gula sedikiiiiiit) , atau roti coklat gandum, dua atau tiga butir telur rebus (kuningnya saya hancurkan dan ditebarkan di rumput untuk makanan semut-semut di halaman rumah), sayuran segar, dan air putih. Ini sudah cukup untuk membuat tenaga saya tidak habis sampai buka puasa karena energi dari karbohidrat kompleksnya (gandum) akan dilepas pelan-pelan ke dalam tubuh sepanjang hari. Ketika berbuka, sesuai anjuran Rasulullah dan sufi tadi, saya biasanya minum segelas air, lalu shalat maghrib. Setelah shalat makan nasi seperti biasa, sebisa mungkin dengan porsi karbohidrat- protein-lemak- air proporsional. Dan tentu tidak untuk ‘balas dendam’ karena puasa seharian. Ini justru saat yang penting untuk melatih melawan keinginan hawa nafsu ‘makan sekenyang-kenyangny a’. Belajar sabar.

    terima kasih

  10. adisty mengatakan:

    aq jg pengen langsing…. tp dirumah q byk godaan.

  11. tamu mengatakan:

    saya barusan saja menerima email sejenis tapi kali ini dengan embel2 baru ni dia:

    dan juga ada beberapa issue lainnya. jika kamu menerima telepon di telepon genggam/cellphone dan layar cellphone kamu menampilkan display seperti ini :

    (XALAN).

    JANGAN MENERIMA SAMBUNGAN TELEPON TERSEBUT, HARAP LANGSUNG MATIKAN TELEPON ANDA DENGAN MENEKAN TOMBOL POWER(ON/OFF) CELLPHONE ANDA.

    Karena jika anda menerima sambungan telepon tersebut maka cellphone kamu akan terkena virus. virus ini akan menghapus seluruh IMEI dan informasi IMSI dari cellphone dan SIM card anda, dimana selanjutnya anda akan terputus hubungan sama sekali dari vendor/operator manapun. (dimana anda harus mengganti cellphone dan SIM card anda dengan yang baru).

    Informasi ini telah dikonfirmasi dengan Motorola and Nokia. saat ini terdapat lebih dari 3 juta telepon genggam/cellphone yang terkena virus ini.

    anda pun dapat membaca berita ataupun informasi mengenai hal ini di situs web CNN.

    gi mana komennya boss?

    “.. anda pun dapat membaca berita ataupun informasi mengenai hal ini di situs web CNN…”

    nah gampang aja, coba aja cari di situsnya CNN, dijamin gak bakal ketemu.. hehehehe

    from: sandy

  12. FDO mengatakan:

    Emang banyak sekarang penipuan lewat telepon

  13. kerja mandiri mengatakan:

    temanya ringan tapi manjur pengingat bagi kita-kita biar g mudah dibohongi. thank yup

  14. p4ndu_454kura mengatakan:

    Post tentang “red call” yang akhir2 ini rame di BOTD dong. Itu kan hoax juga.:mrgreen:

  15. Pri mengatakan:

    Hati hati juga dengan penipuan gaya baru…
    Saya mendapat telepon dari 085727118253 yang mengaku bahwa mereka (lebih dari 2 orang yang berbicara) dari Kepolisian dan keponakan saya tersangkut suatu kasus. Untuk dapat membebaskannya saya harus menyetorkan sejumlah uang ke nomor rekening mereka.
    Yang menggelikan adalah :
    1. Nama saya tidak mereka ketahui.
    2. Mereka memastikan bahwa nomor ini didapat dari keponakan saya.
    3. Keponakan tertua saya berumur 5 tahun dan sedang terlelap tidur dirumahnya.
    Saya berharap pihak Kepolisian yang sebenarnya dapat segera mengungkap kasus penipuan yang mencemarkan nama/citra Kepolisian dan dapat menangkap sindikat tersebut agar tidak ada lagi orang yang dirugikan karenanya.

  16. evi mengatakan:

    Saya dapat e-mail seperti dibawah ini, ingin menanyakan kebenarannya? Terima kasih sebelumnya.

    KEKENTALAN DARAH DALAM TUBUH, MENGAPA TERJADI???

    Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya, yaitu “Mengapa harus minum air putih banyak-banyak..?”
    Well, sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan”. Tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

    Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.

    Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah !!

    Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,
    Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

    Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

    Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok .

    Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi .
    Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari…?

    Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya…?
    Dengan jalan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak…?

    Belum sampai segitunya (wihh…bayangkan otak kering gimana jadinya…), melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!

    Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

    Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental
    bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

    Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan
    400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah

    Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ‘kan…?

    Nah saat darah kental meng alir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan…)

    Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental…),maka serangan stroke bisa lebih lekas datang

    Sekarang tinggal anda pilih: melakukan “investasi” dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- “membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.

    Anda yang pilih…!

    Forwardlah E-mail ini kepada keluarga, sahabat dan orang-orang yang Anda
    cintai !

  17. dedy mengatakan:

    wah jadi hati2
    ahlamdulillah saya blm kena jg,
    saya saat ini ikutan bisnis
    yang memberikan penghasilan
    bagi temen2 yg ingin ikut melalui id saya ya dokuok

    ———————–
    ini linknya = dokuok
    http://pasardollar.com

  18. Endonesia mengatakan:

    Aneh… Lucu… dan seru….
    Kita harus lebih cerdas dan bertambah cerdas…
    Karena semakin banyak yang aneh dan membingungkan saat ini…
    Selamat berjuang dan tetap semangat…!!!
    http://www.kotajepara.com

  19. balado pedas mengatakan:

    alah….

  20. grombyang mengatakan:

    hahaha seru juga yach hoax….

  21. cika akantara mengatakan:

    hehehe . .ade” aje ni yg punya blog . .
    Tpi lucu”an lahh . . .

  22. MAFELLA EFFANTY mengatakan:

    Be yourself because pretending is so painful

  23. MAFELLA EFFANTY mengatakan:

    Tanpa menghormati dari isi artikel anda kami denature indonesia hanya sekedar memberikan solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan cara merapatkan vagina yang longgar

  24. NILA PURNAMA SARI mengatakan:

    Jika Anda telah didiagnosa mengidap penyakit kutil kelamin cara terbaik yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan berkonsultasi pada dokter ahli supaya bisa diketahui metode pengobatan yang tepat untuk dipilih penderita.

  25. feby mengatakan:

    makasih gan info nya. walaupun sedikit lucu sih hahaha
    visit back ya gan 2016 ford capri release date

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: