Bukan Ikan Lele Raksasa

… tapi Whale Shark.

*awal cerita*

Beberapa netters (blogger, kaskuser) sempat (bahksan sedang) ramai memperbincangkan beberapa photo yang memperlihatkan seekor ikan ’seperti’ lele raksasa. Lebih hebohnya lagi, diceritakan bahwa ikan katanya lele itu memakan manusia, seperti yang ditunjukkan dalam beberapa photo terlihat seperti bentuk katanya kaki manusia.

Seperti yang dibahas di situ, banyak yang meragukan ke-lele-an ikan yang ada dalam photo tersebut dan meyakini bahwa itu adalah seekor ikan hiu jenis Whale Shark, dan juga menyangsikan bahwa bentuk seperti kaki manusia itu hanyalah bagian dalam tubuh ikan.

Coba saja bandingkan photo katanya ikan lele itu dengan photo whale shark di bawah ini

Btw, ikan mirip lele ini pernah juga pernah terlihat di kuwait, dan tidak ada yang menyebut nya sebagai ikan lele. Eit.. ikan ini juga beberapa kali pernah terjaring nelayan kita loh (1)(2)(3)(4), kalau di Indonesia kita kenal dengan nama Hiu Tutul.

referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Whale_shark
http://elasmo-research.org/education/ecology/coral-whale_shark.htm
http://animals.nationalgeographic.com/animals/fish/whale-shark.html
http://www.flmnh.ufl.edu/fish/Education/sharkkey/whaleshark.html
http://www.whale-shark.org/

114 Balasan ke Bukan Ikan Lele Raksasa

  1. terong-belanda mengatakan:

    Aku kok sudut pandangnya terbalik ya..
    Bahwa Lele Itu adalah Hiu Kecil
    hahaha..

  2. begadang mengatakan:

    lele khan hidup di air tawar… ya gak sih..
    btw gue pernah nemu lele sebesar paha orang dewasa yg kena beri beri. tp panjangnya gak lebih dr 1 meter

  3. draguscn mengatakan:

    ah kirain beneran ..

  4. Ricky mengatakan:

    Memang bukan lele raksasa hehe.. dari awal ane juga tau ini ikan hiu paus.. soalnye ane penggemar ikan hiu hehehe.. http://readingdigest.wordpress.com

  5. Fajar mengatakan:

    wah..kirain lele raksasa beneran…

    klo beneran kan…

    wih…..

    dibikin pecel lele enak tuh

    hehehehe
    🙂

  6. annoe mengatakan:

    hmmm hoax ya ternyata… padahal ada di web nya national geographics tuh…
    jadi semuanya hoax, bagian dia makan manusianya atau lele nya?

  7. sandynata mengatakan:

    @annoe
    smuanya hoax, ya yang makan manusianya, ya yang lele nya

  8. Stevan 1972 mengatakan:

    lele ndak lele yang penting ikan

  9. ezZa mengatakan:

    dulu gwa s4 ribut sama sesama blogger…

    gwa bilang klo ini ikan hiu tutul…

    tapi dia nyindir gwa, dan dia gak percaya klo ternyata emang ikan hiu tutul…

    hehehehhehhee…

  10. Teguh mengatakan:

    Hi!!!
    Salam Kenal… Jurnal kmu bgus! Kalau mau, silakan post juga di http://hoaxcuh.co.cc, barangkali aja kita bisa bekerja sama..😉

  11. p3durungan mengatakan:

    Kayaknya pernah liat tuh gambar lele, mungkin beneran ada cuma beda penyebutan nama dan istilahnya aja kali.

  12. erwin15155 mengatakan:

    gara gara kurang pengetahuan,
    ikan Hiu malah dikira lele…

  13. jepiza mengatakan:

    wah keren neh….

  14. nashis@cio mengatakan:

    Yupz!!! Waktu 1st time aku dapat email mengenai ikan itu, aku malah kacian lihatnya. Terus tega bener sih orang2 pada menyembelih dan memakannya. eh…barusan lihat disini ternyata tuh berita kalau lele HOAX doank! Kasian tuh Hiu..harusnya hiu nya dilestarikan malah dimasak rame2…

    thank’s buat jurnalnya! Great!

  15. Rif mengatakan:

    Tidak sengaja dapat web ini ternyata bukan hanya asyik tetapi isinya penting.
    Orang yang nyebar hoax dari sisi agama pasti dapat dosa, dan orang yang menyebar anti hoax pasti dapat kebalikannya. Mudah2an Mas Sandi dkk selalu dapat berkah.

    Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan. Bisa saja ada suatu berita yang benar, lalu ada orang-orang yang (katakanlah konspirasi kecil2an) membuatnya seakan2 itu hoax. Nah, akhirnya tersebarlah berita bahwa itu hoax, padahal yang hoax yang bilang hoax tadi. Eh, tidak bingungkan?

    Barusan dapat email dari teman2 tentang Obat2 yang dilarang beredar di Indonesia. Katanya sih surat resmi dari POM atas nama Drs H Sampurno MBA Kepala Badan POM. Ini beberapa obat terlarang menurut dia: Paramex, Inza, Hemaviton, Natur E, Stop Cold dan beberapa lagi yang lain. Menurut saya sih ini hoax.
    Tapi siapa tahu Anda bisa menemukan jawaban tepatnya?

    Salam kenal.

  16. ridwan mengatakan:

    lele ndak lele yang penting ikan

  17. doni mengatakan:

    Beberapa waktu yang lalu saya mempercayakan sejumlah uang saya untuk di investasikan dalam bentuk VALAS dan portfolio saham di Valbury Dengan iming – iming keuntungan dalam waktu yang cepat.
    Yang saya dapatkan ternyata tidak sesuai dugaan, ternyata itu semua hanya akal – akalan saja. Dan setelah saya selidiki ternyata semua orang yang bekerja disana adalah lulusan SMU atau sederajat dan mereka semua tidak memiliki ijin yang resmi dari instansi terkait.
    Jadi saya menyarankan agar anda yang berinvestasi di tempat tersebut untuk segera menarik dana anda sebelum terlambat. Cukup saya yang jadi korban jangan sampai ada korban lebih lanjut lagi. Nama salesnya BUDI MULYANA ( NO HP 0856-8102XXX ) orang ini sangat licik dan tak segan-segan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

  18. denz mengatakan:

    ikan itu memang bukan ikan lele, habitatnya aja jelas dilaut toh. Tapi lele segede itu bahkan lebih gede lagi emang bener-bener ada bro🙂

    http://en.wikipedia.org/wiki/Mekong_giant_catfish
    http://www.acuteangling.com/Catfish/Cattales.html


    http://www.manchestereveningnews.co.uk/news/s/1003/1003743_angler_lands_giant_catfish.html

  19. arpan mengatakan:

    dabanyak situs banyak nerangin tu ikan lele

    eh ternyata gak taunya ikan hiu

    tertipu saya

  20. [poer] mengatakan:

    halah, ada ada aja😀

  21. MEILINDA mengatakan:

    saya ga suka lele,jadi tdak merhatiin..
    Mulutnya kyak vacum cleaner yaak,,hhii

  22. adit mengatakan:

    wah, lele sebesar itu di pecel uenaaak…

  23. Personal Finance Tips mengatakan:

    JAngan-janagan itu Pak Le yang si lele, soalnya kan lebih besar daripada lele.

    Ada-ada saj ayah orang mau cari sensasi, hiu kok dibilang lele.

  24. bzz mengatakan:

    ngaco! ini ukuran hiu paus sebenarnya:

  25. Mas Gaptek mengatakan:

    kalo ini hoax bukan ?

    Jangan pernah menjilat
    amplop atau perangko untuk merekatkannya

    Suatu hari seorang wanita yang bekerja di sebuah kantor pos di California , merekatkan amplop dan perangko tanpa menggunakan lem atau busa basah melainkan dengan cara menjilatnya. Pada saat itu wanita tersebut langsung merasakan lidahnya terasa seperti teriris. Seminggu kemudian dia merasakan sesuatu yang tidak biasa pada lidahnya. Dia pergi ke dokter dan tidak ditemukan sesuatu yang aneh. Lidahnya tidak luka atau tidak ada kelainan apapun.

    Beberapa hari berikutnya, lidahnya mulai agak membengkak dan mulai terasa sakit, begitu sakitnya sehingga dia tidak dapat makan apapun. Dia segera ke RS dan dokter melakukan pemeriksaan X-Ray.. Ternyata ada sesuatu di dalam lidahnya. Saat itu juga dokter segera mempersiapkan pembedahan kecil. Ketika dokter mengiris membuka lidah tersebut, ternyata seekor kecoak kecil merayap keluar. Setelah diselidiki maka didapat kenyataan bahwa kecoak tersebut berasal dari telur kecoak yang sangat kecil yang menempel pada bagian lem amplop. Setelah dijilat maka telur tersebut menempel pada lidah dan mengeram disana karena adanya ludah yang hangat dan lembab hingga kecoak tersebut menetas.

    Kejadian nyata ini dilaporkan oleh CNN.

    Andy Hu menulis :

    “Saya bekerja di pabrik amplop, dan kalian tidak akan percaya…, ada sesuatu yang mengambang disekitar nampan wadah lem , saya tidak pernah sekalipun menjilat amplop. Saya pernah bekerja di percetakan (32 tahun lalu) dan kami selalu dihimbau agar jangan merekatkan amplop dengan lidah. Saya tidak pernah mengerti mengapa, hingga suatu saat saya masuk ke ruang penyimpanan untuk mengambil 2,500 lembar amplop yang sudah dicetak dan melihat sendiri beberapa ekor kecoak berkeliaran di dalam kotak amplop dengan telur kecoak dimana-mana. Mereka hidup dengan memakan lem yang terdapat pada amplop-amplop tersebut”.

    Setelah mengetahui hal ini, janganlah pernah sekalipun Anda merekatkan amplop, perangko ataupun meterai dengan cara menjilatnya. Gunakanlah lem atau busa basah.

  26. asi mengatakan:

    Memang bukan lele raksasa hehe.. dari awal ane juga tau ini ikan hiu paus.. soalnye ane penggemar ikan hiu hehehe.. http://readingdigest.wordpress.com

  27. admin mengatakan:

    hiu kena kutuk hehehe

    Nice Information gan…suka saya bacanya…thanks

    Kunjungi http://metropolice.us – Ajang Gaul Anak Metropolitan

  28. bayu mengatakan:

    nggak pernah baca buka IPA ya?

  29. ian mengatakan:

    Dari fotonya aja dah keliatan kalo itu hiu, kalo di indonesia biasa disebut hiu tutul. dan kalau pingin tau ikan lebih banyak soal ikan “raksasa” ginian coba aja ke situsnya national geographic. http://www.nationalgeographic.com, paling gak bisa bedakan mana ikan hiu dan mana ikan lele…:)

  30. kellyamareta mengatakan:

    yang jelas, jangan sampe dimakan ikan yang beginian

  31. jerry mengatakan:

    enak tuh kalo ada yg segede itu,
    bisa bikin pecel lele bwt kawinan nih,
    hehe

  32. antony mengatakan:

    di buat empe empe bisa berapa ribu piring

  33. Maz-V mengatakan:

    kayaknya kita deh yang bakal dimakan ikan itu… hhe he =)

  34. edjenk mengatakan:

    ghede buanget, jika itu lele sungguhan enak g’ ya?

    kunjungi blogku=edjenk.wordpress.com

  35. Sanjaydut mengatakan:

    Aku ketinggalan nih postinge

  36. mAs RoY! mengatakan:

    Wahhhhhh

    Boleh juga nihhhh…..
    🙂🙂 🙂 🙂 🙂 😀😀😀 😀 😀

  37. andyan mengatakan:

    wkwkwkwk
    hiu hiu, malang nian nasibmu, dipitnah jadi lele oleh orang bangsaku yang nggak tau :(:(

    hiu paus juga kan makannya plankton, bukan hewan gede CMIIW

    iya kalo hiu putih itu, emang makan apapun asal ada bau darah

  38. Rizal Ananda Sugianto mengatakan:

    This fish is a whale shark.
    Not a catfish.

  39. siwawan mengatakan:

    ooo.. baru tahu saya. mantaf info2 nya bos, jadi punya pegangan buat ngebedain yang hoax ato bukan🙂

    mantaf..

  40. elfaruq mengatakan:

    apa jangan2 itu evolusinya lele ya?

  41. bedjoe mengatakan:

    hiu pa bukan yg penting minumnya teh botol sosro

  42. stop dream mengatakan:

    sapa si yang sebarin ni hoax :d

  43. taufikyuliarahman mengatakan:

    keren abis

  44. Hermancool mengatakan:

    ikan lele raksasa? tangkap yuk… hhihiii…
    salam kenal 🙂

  45. cicurug mengatakan:

    itu lele sangkuriang kali ya

  46. Rama mengatakan:

    itu lele siluman kalee,….

  47. Faye mengatakan:

    ternyata hiu, padahal rame2 banget postingan dan koran yang bilang kalo itu lele (doh)

  48. agefaldez mengatakan:

    itu bukan lele bukan hiu ayao tebak?

  49. Sharindo mengatakan:

    Ikan hiu tutul ini harus dikenali agar mereka yang terbiasa bekerja di wilayah perairan laut tidak salah menerka pada saat menemukan ikan seperti ini. Apalagi mereka yang tidak terbiasa dengan jenis-jenis ikan laut. Kita harus mencegah agar siapapun tidak mengganggap ikan hiu tutul hanyalah semacam ikan lele raksasa dan dianggap tidak berbahaya, padahal ikan tersebut dapat memakan manusia.

  50. IşıkTabela mengatakan:

    ooo.. baru tahu saya. mantaf info2 nya bos, jadi punya pegangan buat
    Tabela,Neon, Tabelacı, Tabelacılar
    ernyata hiu, padahal rame2 banget postingan dan koran yang bilang kalo itu lele (doh)

  51. Garv mengatakan:

    Bro, saya sarankan isi dari blog ini dibukukan dan diterbitkan, keren banget!

  52. solvapotter mengatakan:

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele sangkuriang yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  53. satria mengatakan:

    Buat yang mau mengerjakan Tesis, Skripsi, dan Analisis Data. Tapi tidak sempat akibat sibuk bekerja silahkan hubungi : 08813153373/08819378599/03183011507/08196058434/satria
    http://tesisskripsionline.wordpress.com

  54. cewek-cewek mengatakan:

    ngeri juga ya kalau ada lele sebesar itu…. hmmm serem, ntar bukan kita yang makan lele tapi kita yang dimakan lele.

  55. Barang Antik mengatakan:

    hehe, begitulah Indonesia ,dari lele sampai ke anak disunat jin bisa menjadi topik hangat yang nyatanya disukai para media dan pembaca.

  56. Reza mengatakan:

    ijin copas buat ngasih tau kaskuser ya..

  57. BeINSTORE mengatakan:

    Blogwalking berbagi pengalaman. datang ke temapt ku. 09:14

  58. BeINSTORE mengatakan:

    Blogwalking berbagi pengalaman. datang ke temapt ku. 08:18

  59. Kutil mengatakan:

    Kalo yg di sungai mekong beneran ada kok, tp yg sejenis ikan patin..N G makan manusia..

  60. flippy mengatakan:

    hoax itu mah hiu paus gak makan manusia dia tuh makan sejenis plankton gitu (eh bener gak ya soalnya pas gw main zoo tycoon 2 makanannya itu plankton). Masa sih mirip lele? gak ah beda sama lele kalo lele tuh mulutnya dibawah gak kyk hiu paus

  61. copiyan mengatakan:

    hemmm, ternyata…

  62. ronggolawe... mengatakan:

    gede banget yak…. wuicch….

  63. ranggaw0636 mengatakan:

    wow, itu mouse shark kan?

  64. nelhidayah mengatakan:

    Bukan cuma macan doang tutul hiu juga he..he..

  65. fery mengatakan:

    beberapa info juga menyebutkan ttg lele raksasa yang memakan manusia di nepal, china dan india.. tp setelah aq cek, ternyata itu klo di indonesia sebenarnya adalah ikan patin.. mungkin npengertian “ikan lele[catfish]” antara orang luar negeri ma kita beda kayaknya..

  66. roman mengatakan:

    ah lele ko bikin bingung , itu lele apa hiu sih kalau itu lele kenapa bisa sebesar itu yah

  67. roman mengatakan:

    eh aku mau curhat nih ,yah emang saya tau web ini kurang cocok untuk tempat curhat, tapi gimana yah aku cari kesempatan untuk mengungkapkan perasaan ku , aku gadis banten usia ku 18 tahun aku gk punya cowok, dan aku gak suka pacaran, tapi aku bingaung bagai mana untuk menolak cinta lelaki tanpa nyakitin hatinya , yang anehnya stiap lelaki yang ngeliat saya slalu bilang cinta ,lebih anehnya lagi semua lelaki yang kenal mau pun yang gak kenal sama saya mengatakan aku adalah putri salju , apa mungkin karna kulit ku putih dan rambut panjang hitam, atau karna wajah ku yang bulat dan bersih , ah aku bingung banyak wanita yang bangga dengan kecanitkanya , tapi aku ko malah bingung yah, .

  68. roman mengatakan:

    ih gimana sih cara ngilangin , alamat imel saya

  69. roman mengatakan:

    hai aku aisah yang slalu hidup sengsara tapi kini aku hidup bersama ahmed sungguh bahagia.

  70. sari mengatakan:

    boleh ikutan makan sekelurahannnnn niiiiiiiiihhhhhhhh

  71. mekong meme bokong mengatakan:

    sekedar koreksi giant catfish alias lele raksasa betul2 ada dan salah satu habitatnya ada di sungai mekong dan kebetulan beberapa hari ini diputar di natgeo

  72. Soerya mengatakan:

    Ikan Ini kalo ditaruk di aquarium ok juga kali yach??

  73. Celia Delarosa mengatakan:

    That appears to be fine but i am still not too certain that I like it. Anyhow will look more into it and decide for myself!🙂

  74. enroriZooncop mengatakan:

    I store more written content, does not require a quick rate, provided that the flow does not restriction you can, and if there is to know buddies can tell me. Service providers should not waste space I would recommend, if you have used the same, please let me know. Thank you.

  75. TEKS di Blogspot mengatakan:

    Lorenzo says:
    Makasih artikel dan infonya yang menarik ini..

  76. alfin mengatakan:

    mirip hiu tuh …..

  77. liany mengatakan:

    Kalau bener ada lele segede gitu, bisa bikin pecel lele buat orang sekampung

  78. johanesbosco mengatakan:

    lele di empang depan sekolah gw panjangnya ampe 70 cm
    no hoax

    kunjungi blog gw
    http://n0hoax.wordpress.com

    thx

  79. grombyang mengatakan:

    Kumis lelenya bisa pagar depan rumah…

  80. grombyang mengatakan:

    Kumis lelenya bisa buat pagar depan rumah…

  81. della.oiko mengatakan:

    hiburan n bikin sensasi brita lelenya hik hik

  82. ufohunterss mengatakan:

    Om, fotonya bisa di zoom gitu, buatnya gimana /…
    balas yah

  83. Penyet Lele mengatakan:

    Wah terinspirasi bukun warung penyet lele raksasa,, atu paus tutul jadinya hehe

  84. Murah Motor mengatakan:

    Sayangnya, kadang media semakin menyesatkan dengan menginformasikan secara berlebihan sehingga sesuatu yang salah pun jadi terlihat benar

  85. liberty reserve mengatakan:

    Wonderful goods from you, man. Bukan Ikan Lele Raksasa Betul-Betul Berita Bohong I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely great. I really like what you’ve acquired here, really like what you’re stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it smart. I can not wait to read far more from you. This is really a tremendous Bukan Ikan Lele Raksasa Betul-Betul Berita Bohong informations.

  86. almek mengatakan:

    ikan lele raksasa ada di sungai2 eropa a.l. di sungai rhein jerman. gedenya bisa sampai 200kg. namanya ikan wels !

  87. hasan mengatakan:

    ikan lele raksasa mungkin ada di eropa ?

  88. selvie chummaiorch mengatakan:

    Dear hoax.wordpress.com

    Selamat Pagi,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

  89. Keladi Tikus mengatakan:

    wah buat penyetan lele manteb nue🙂

  90. cika akantara mengatakan:

    heheheh . . lele jumbo . super duper jumbo ni . .
    Makan 1RT bisa kali kalo ada lele gedenya segitu . .ehehehehe

  91. jual clodi mengatakan:

    emang mirip sih, tapi beda jauh mas…

  92. Raf mengatakan:

    Min, kok udah gak ada update postingan lagi?

  93. sipilis mengatakan:

    BUSET GAN….

  94. Fendi haris mengatakan:

    Kalo ada iklan lele reaksasa gak akan ada yang buka pecel lele gan,, takuttt,,, hehe

  95. Noel mengatakan:

    I have read so many articles about the blogger lovers except this piece of writing is really a good post, keep it up.

  96. Intan mengatakan:

    Wah ternyata buka ikan lele ya….

  97. hasbi mengatakan:

    Ikan lele kan ada kumisnya ini ndak ada kumisx ikan lele jadi jadian jadi ikan hiu

  98. Istanamurah mengatakan:

    Mungkin ikan itu cacat gan sehingga ikan itu tidak normal dan menyerupai lele pada umumnya,,😛

  99. topeng mengatakan:

    kalau dijual laku berapa ya?

  100. jelly gamat gold g mengatakan:

    widihh besar bangetv tuhh ikan nya serem satu kampung juga belum tentu bisa ngabisin itu

  101. HOTNI RESKI mengatakan:

    Jangan yakinkan diri bahwa dia menyukaimu hanya karena dia bersikap manis padamu. Kadang kamu hanya sebuah pilihan ketika dia bosan.

  102. veriska.com mengatakan:

    whale shark itu ikan hiu terbesar ya gan?
    terimakasih😉

  103. mobil datsun bandung mengatakan:

    lalu itu apa gan?
    terimakasih😉

  104. tiffanihaynes44412 mengatakan:

    Jag skulle nog vu00e4nta, OM det u00e4r sa att det inte u00e4r akut och du MASTE ha en nu. Det u00e4r svart det du00e4r, har haft samma dilemma och in Click https://twitter.com/moooker1

  105. cetakankue mengatakan:

    coba adminnya bisa ngupdate lagi artikelnya..😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: