Matahari Bersinar 36 Jam

Masih banyak berseliweran informasi di bulan ini tentang fenomena Matahari yang katanya akan bersinar 1 setengah hari, ya ya.. cukup bombastis bukan? dan cukup meyakinkan bahwa berita tersebut hanyalah hoax. Berikut ini pesan lengkapnya,

Pada tanggal 17 Oktober 2008, matahari akan terus menyinari kita selama 36 jam (1.5 hari). Dan selama itu Amerika dan tetangga2nya akan gelap 1.5 hari.Ini akan mengkonversi 3 hari menjadi 2 hari besar.Ini terjadi setiap 2400 tahun sekali.Kita beruntung dapat menyaksikan dan merasakannya,beri tahu teman2 yah..

ada yang percaya? tentu saja masih ada.. tapi kali ini saya melihat masyarakat (netters) sudah mulai aware dengan berita-berita yang nggak jelas alias hoax, kalau anda cari tidak sedikit blogger yang melakukan klarifikasi terhadap berita tersebut.

OK, balik ke permasalahan matahari .. jadi begini… baca aja link di bawah ini πŸ™‚

www.revisionism.nl – Sun Hoax Revealed
urbanlegends.about.com – sun will rise continuously
webdesigner-kochi.blogspot.com – hoaxsun rise continuously on october 17
www.museumofhoaxes.com – Will the Sun Rise for 36 hours on October 17 2008
answers.yahoo.com/question/index?qid=20081014132901AAcHVaL

silahkan baca dan telaah baik-baik, ah.. sebetulnya ndak perlu kita pusing-pusing, kalau pikiran kita waras mana mungkin matahari bisa bersinar 36 jam nonstop? kalo ada yang percaya, coba balik lagi ke sekolah, belajar astronomi masalah rotasi bumi ok! πŸ™‚

*update*

ulasan secara teknis dan ilmiah bisa dibaca di sini

Iklan

83 Responses to Matahari Bersinar 36 Jam

  1. Angga :) berkata:

    hoax banget.. hahahaha

  2. rizkivmaster berkata:

    Lawakan anak kecil…

  3. mbelGedezβ„’ berkata:

    Walaah….
    Situh nyang ndak ngerti San, ketinggalan inpormasi….

    Pasti situh belom denger, kalo rencana tanggal 17 ituh diundur sampe sekitar tanggal 20 ato 21, getoo….

  4. kishandono berkata:

    Yah, percaya ga percaya liat aja 17 besok

  5. sandynata berkata:

    angga
    la iya banget πŸ™‚

    @rizkivmaster
    tapi orang dewasa dan berpendidikan pun banyak yang percaya lo (termasuk yg ragu-ragu), aneh to….

    @mbelgedez
    whuahahahahaha…….

    @insansains
    wah terimakasih atas artikelnya yang sangat detail sekali dan jelas

    @kishandono
    wah berarti sampeyan masih setengah percaya setengah enggak ya? coba baca blognya insansains

  6. risdania berkata:

    meski gag percaya, masih aja banyak yg heboh,,heheheh

  7. bengkuluutara berkata:

    ada ngga yang lebai lage brita selain untuk membuat orang indonesia yang ngga jelas pemikirannya tambah kacau… πŸ™‚

  8. hmcahyo berkata:

    tapi lumayan buat hiburan πŸ™‚

  9. umybilqis berkata:

    hmm… ada ada saja…

  10. cutemom cantik berkata:

    ehm..kalo bener gw rada2 takut bentar lagi kiamat…abisnya banyak yg terjadi didunia ini..palagi bencana alam..astagfirullah…mas maen diblog saya donks

  11. rief bond berkata:

    Di sebuah hutan terdapat raja hutan (singa) yang merasa dirinya hebat. Dan untuk melegalisasikan kehebatannya, maka si singa bertanya kepada sebagian penghuni hutan. Bertanyalah si singa kepada seekor gorila.

    Singa : “Hai gorila, siapakah yang paling gagah di hutan ini?”

    Gorila: “Anda tuan ku.”

    Banggalah si singa mendengar itu. Kemudian ia bertemu dengan seekor banteng.

    Singa : “Hai banteng, siapakah yang paling gagah dan hebat di hutan ini?”

    Banteng: “Sudah tentu Anda.”

    Mendengar jawaban-jawaban dari sebagian hewan yang ia temui, merasa sombonglah si singa. Kemudian ia berjalan kembali, dan di tengah jalan ia bertemu dengan seekor gajah.

    Singa : “Hai gajah, siapakah yang paling gagah dan perkasa di hutan ini?”

    Tetapi gajah tidak menjawab, dan diluar dugaan singa, gajah langsung menghajar dan menginjak-injak singa hingga babak belur. Kemudian gajah berlalu meninggalkan si singa.

    Dengan badan yang sudah babak belur, si singa berkata kepada gajah, “Kalo nggak tau jawabannya jangan marah gitu dong

  12. sandynata berkata:

    @rief bond

    and the point is?

  13. rizky berkata:

    wah klo emang terjadi luar biasa nih,jemuran gw kering semua nih,dan selama 2 hari akan ada penghematan listrik yang luar biasa karena beban puncak selama 2 hari tidak ada ha ha ha

  14. sandynata berkata:

    @rizky

    wah kalo beneran tjadi, ya lebih dari itu semua mas, g cuma jemuran kering, g cuma hemat listrik, ..tp Kiamat mas πŸ˜†

  15. Hexafira berkata:

    hmm , possible . but I’m still thinking about it . What his reason make this rumors ? In Moslem , this fenomena just happen when it will be end of the world . But ya ya , IMPOSSIBLE if the one know about end of the world. JUST ALLAH WHO KNOW THE END OF THE WORLD.

  16. sandynata berkata:

    @Hexafira

    nah karena kita meyakini tidak ada yang dapat meramal/menetukan kapan kiamat terjadi, maka barita tersebut tidak benar kan? ditambah lagi, secara keilmuan/ilmiah hal tersebut juga impossible..

    alasan bikin rumor? cuma pengen bikin sensasi aja kayaknya, dan sepertinya berhasil, banyak tuh yg percaya…

  17. motoyuk berkata:

    Hahaha hoax abisssss….

  18. dobelden berkata:

    tp tumben nih gak ada yg send all ke YM ku πŸ˜†

  19. firexsantos berkata:

    ehm……… saya baru dengar kabar ini πŸ˜‰

  20. jelas hoax beritanya mendingan baca penemuan anak indonesia Alat Pengubah Air Jadi Gas Ditemukan di Mampang
    silahkan ke :
    http://asahannews.wordpress.com/2008/10/16/alat-pengubah-air-jadi-gas-ditemukan-di-mampang/

  21. pakarfisika berkata:

    setelah ngelus dodo akibat ulah pemerintah Saudi memajukan lebaran, kini harus baca ulah manusia yg lebih nggak jelas jluntrunx-nya…

  22. 37degree berkata:

    hoax?
    fitnah ini mah ^^

  23. grubik berkata:

    hoax hoax cuh..!!!
    sorry saya lagi batuk berdahak,
    sungguh…

  24. rilis berkata:

    kalo lg puasa…. kasian bgt yaaaa… buka puasanya lama bener…

    hoax kali yee??

  25. erline282007 berkata:

    panas terik ga yaaaaa???

  26. mutan88 berkata:

    siang terus dong,malam jg siang jadinya?? hoax lah… Hukum alam kagak bisa di lawan..

  27. marlboro_man berkata:

    tapi kalo beneran , seru kali yaa… bisa hemat listrik banyak tuh. sama kalo pas lagi nyepi day di bali. lampu pada padem semua

  28. arifsetya berkata:

    Wah, bisa jemur baju sampe puas sekalian jemur kasur yang dah bau…

  29. sandynata berkata:

    @rilis
    iya ini hoax, kan udah saya tulis jelas

    @erline282007, @marlboro_man, @arifsetya
    kalo iya berarti kiamat sodara2, kalo kiamat mana mungkin ngurusi jemuran, listrik dsb hahaha

  30. HADI berkata:

    Bersinarnya matahari akan terjadi lebih lama dari hari biasanya, secara pasti tidak ada yang tahu kapan akan terjadi dan berapa lama. KArena diterangkan dalam Al Qur’an sebagai Penyempurna Kitab terdahulu bahwa salah satu tanda akan terjadinya kiamat adalah, Berhentinya Rotasi Bumi, dan bersinarnya/Terbitnya matahari dari ufuk barat……..
    Cuma…. itu terjadi 1 x ajahhh
    tidak setiap beberapa / berjuta-juta tahun
    cukup 1 X udah jadi KIAMAT….

    Jadi kalo g percaya soal itu, berarti lebih percaya ILMU Anda, bukan ILMU TUHAN yang MAHA BERKUASA dan MAHA BERKEHENDAK….

  31. sandynata berkata:

    @HADI
    rupanya sampean ini nggak nangkep ESENSI dari artikel yang ada di atas, coba di telaah lagi ….

  32. iqbahariwibawa berkata:

    itu cuma isue,,mana mungkin sih.la wong kl bersinar 36 jam brarti bumi g berotasi dunk???memang kiamat itu terjadi pada hari jumat itu memang bener.soooo lht aja hr ini….

  33. Mas Gaptek berkata:

    Sekarang udah hampir jam 3 sore, we’ll check it out πŸ™‚

  34. Domir berkata:

    Aah tepu…..
    Skrg aj baru jam 6 aj dah gelap

  35. dikrezz berkata:

    Bener2 hoax murahan, ga mutu, yang percaya pasti bego setengah mati. . .

    saya jadi penasaran siapa yang pertama kali menyebarkan berita dungu ini. .

  36. draguscn berkata:

    jadi bener ya ?
    bener-bener hoax maksudnya … πŸ™‚

  37. gus1968 berkata:

    Sebenarnya lebih sulit untuk menjelaskan daripada mempercayai berita macam ini, wah bikin geger saja…..

    Bagi yang seneng baca e-book Islam, silahkan mampir di blog saya http://allaboutpda.wordpress.com

  38. far15 berkata:

    hoax apanya udah ditungguin ga muncul2
    saking lamanya nunggu di taman
    akhirnya ku tinggal pulang aja
    wkwkwkwkwk

  39. tukul_reynaldy berkata:

    mo PEMILU, banyak bermunculan hoax2 yg gak jelas juntrungannya

  40. ginkatania berkata:

    wwoooaaakkhh,,, anak ku baru lahir koq udah mau kiamat!!!

  41. kweklina berkata:

    Ya…nyatanya ngak ada kan? matahari bersinar 36 jam.

    Banyak berita-berita yang tak masuk akal,akhir-akhir ini seperti bulan katanya akan muncul dua buah…nyatanya juga ngak ada,ya mungkin lagi kurang kerjaan,pemikiran dalam keadaan ngak beres dll sehingga muncul yang tidak-tidak dari otak-otak manusia….

    Ya..baca-baca aza,jangan terlalu dipikirin..masih banyak hal yang butuh pemikiran dan konsentrasi kita…

    Salam…

  42. septarius berkata:

    kalo hal tersebut terjadi, berarti dunia udah mau kiamat.
    :0

  43. 7ack berkata:

    dapet dr teman2,
    tp trnyata hoax

  44. nindyani berkata:

    alahhhh sejauh ini ternyata matahari tidak berputar selama 36 jam…..itu cuma opini aja…betul kata mas iqba hari wibawa itu lhooo yang paling ganteng sedunia…..

  45. iqbahariwibawa berkata:

    iya bener mbak nindy itu lho….eh mbak nindy asalnya dari mana?????boleh kenalan g?????i am agree with you about this arguments????pasti orangnya cuuuuuantiiiik…..

  46. nindyani berkata:

    Aqyu dari malang mas….ya boleh2 aja kok tp mas kasih no hape dunk/////////brarti pemikiran kita sama ya????memang jodoh g bkl kmana kokkkkk

  47. hery berkata:

    yang bener aja ahc masa gith

  48. yongky berkata:

    Salam kenal dulu ya……. aku mau berkomentar dikiiiiiittttt
    Gak mungkun ah……..
    Ada2 aja kelakuan org2 itu….. emangnya rotasi bumi berhenti sejenak ???????
    Lantas kalo memang rotasi berhenti, kita semua mau menginjak ap ??????? kan melayang semua ??????? KIAMAT deh namany……… semua yg dimuka bumi pada melayang semua…… gak kebayang deh………
    cuma orng sinting aja yg percaya cerita itu……….

  49. pada seneng banget yah hoaxer-hoaxer itu bikin info2 mustahal…

  50. WILLIAM berkata:

    haloooo…
    wah thx infonya.,.
    btw tipsnya gimana yaa biar dapatpagerank tinggi

    bagi tipsnya donx..,

    thx

  51. jerry berkata:

    haha,
    bercanda dia,

  52. Mr. Biawak berkata:

    hoax emang gitu, ada percaya aday ang nggak, tapi asyiknya hoax di buat hepi aja, anggap sebagai sebuah lelucon…

  53. taufikyuliarahman berkata:

    mosok smpai 36 jam

  54. Dudi Jaya berkata:

    wah.. kalo bener matahari bersinar segitu lama, bisa cepet kering nih tukang batako.

  55. ronier picasso berkata:

    orang2 seprti itu kurang kerjaan….suruh tu garukin aspal…sampek….tua ya….g bakalan matahari begitu lamya…orang bodoh aja yg percaya…?

  56. IS berkata:

    Bohong kalo matahari bersinar cuma 36 jam. Matahari itu bersinar selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 4 minggu sebulan, 12 bulan setahun. Dengan kata lain, nonstop hingga batas waktu yg tak usai diperdebatkan πŸ˜€ “Bersinar” toh? bukan “menyinari?” heheh ..

  57. cewek-cewek berkata:

    yup yup yup…. kalau matahari bersinar 35 jam, kita kering dunk… jadi garing, jemuran di kost cepet garing juga, hahhahahaha

  58. amira berkata:

    aku sempat percaya juga hahaha,sampai2 kusampaikan pada ibuku yg sudah tua…hiks sial…

  59. kukuhtriasmoro berkata:

    hoaxxxxxx. . . . .mampir mas http://brownforatlanta.com ehhehe

  60. kampus blog berkata:

    salam kenal mas… bener2 HOAX nih beritanya sesuai dengan nama blog nya hehehe

  61. determity berkata:

    kalo setahuku malah matahari terus bersinar terang sampe ancur. bedakan antara matahari bersinar dg rotasi bumi!!!

  62. dani berkata:

    Allah itu Maha Adil, lama peredaran matahari sudah ditetapkan yaitu dalam satu hari adalah 24 jam jadi seandainya matahari bersinar melebihi 24 jam maka dapat dipastikan tidak ada lagi kehidupan di atas permukaan bumi ini akibat seluruh air menguap karena panasnya matahari dan di sisi lain bumi yang malam akan mengalami pembekuan akibat penurunan suhu yang ekstrem…

  63. Blogseven77 berkata:

    namanya saja berita hoax…

  64. Katrina Pyper berkata:

    Hey, Great blog you have here. I found this post really interesting. Thanks

  65. fatmasnow berkata:

    bagus banget ya postingannya…..lucu tapi bisa buat inspirasi buatku lho…..kerennnnn

  66. TEJO berkata:

    asu itel gaeyan gathel iki .

  67. matahari berkata:

    hanya orang2 yg berpikir yg dapat mengambil hikmahnya

  68. mas raden berkata:

    wahhh perlu pemahaman khusus nihhh . . .

  69. alfin berkata:

    hem … perlu w cari referensi lagi nih ……..

  70. DamaraSofia berkata:

    Nice Sharing! Btw, bukannya (kata guru IPA sih) matahari sudah bersinar selama (kira2) 5 miliar tahun dan masih akan bersinar selama (kira2)5 miliar tahun lagi? Ga cuma 1,5 hari kan? Kalo maksudnya lama siang hari jadi 1,5 hari itu baru HOAX bener! Tapi kalo belahan bumi yang dapet sinar matahari sehari cuma sebentar bukannya memang ada? Di kutub misalnya?

  71. grombyang berkata:

    wkwkwk… klo 36 jam kulit kita nti pada ga sawo matang lagi…

  72. ridwannns berkata:

    ga kreatif ni yg bkin berita hoax nya…
    Yg bener aja masa matahari nongol ampe 36jam ??

  73. grombyang berkata:

    namanya juga hoax…

  74. Mifta berkata:

    ketahuan bohongnya…

  75. pas baca hoax seperti ini jelas ga mungkin. jd ga perlu sy lanjut ke link .
    tp nice sharing! tks

  76. Kolong Langit berkata:

    Nice share sob πŸ™‚
    cuma di masyarakat Indonesia kebanyakan masih ada aja yang percaya tanpa nelaah berdasarkan logika. Apalagi adanya layanan broadcast sekarang di aplikasi gadget makin sering aja dapet yang aneh2 tanpa nyantumin sumber yang pasti. πŸ™‚

    Thx for the info πŸ˜€

  77. Istanamurah berkata:

    langsung menuju TKP gan untuk baca referensi dari ente ini, sip

  78. TANTI APRIYANI berkata:

    There is no elevator that helps you to be successful You have to start from the stairs

  79. indokurir berkata:

    haha ya begitulah hoax selalu menyebarkan isu2, hobby kali yah πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: